RESENSI BUKU PENGANTAR PENDIDIKAN
DISUSUN OLEH
TIM PEMBINA MATA KULIAH UMUM PENGANTAR PENDIDIKAN
A.
Pendahuluan
Judul Buku : Pengantar Pendidikan
Penerbit :
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Tahun Terbit : 2011
Tebal Buku : 191
Membangun Bangsa yang Berkarakter Melalui
Pendidikan
Oleh
Rahmad Satriawan
1100845
B.
Isi
1. Ikhtisar
Buku pengantar pendidikan ini adalah buku dasar atau
pedoman paling utama bagi seorang calon pendidik dalam mengembangkan
keterampilannya dalam mendidik nantinya di sokolah. Buku ini memberikan
pengetahuan bagi calon pendidik tentang apa yang dimaksud dengan pendidikan dan
bagaiman pengaplikasiannya dalam kegiatan pendidikan. Buku ini berisi gabungan
pemahaman tentang hakekat manusia, hakekat pendidikan, lingkungan pendidikan,
aliran-aliran pendidikan serta aplikasinya terhadap dunia pendidikan,
permasalahan pendidikan, upaya pembaharuan pendidikan nasional, sistem
pendidikan, landasan dan asas-asas pendidikan serta penerapannya, pendidikan
dan pembangunan nasional, dan masyarakat masa depan. Dengan membaca buku ini
pembaca atau calon pendidik akan memiliki pengetahuan serta landasan dalam
mendidik nantinya, bukan hanya di sekolah bahkan di tengah-tengah masyarakat
pun nantinya akan lebih mudah dalam menerapkannya. Dengan membaca buku ini kita
akan tahu apa cita-cita nasional dalam pendidikan serta akan menjadi visi kita
dalam mendidik dan mengajar nantinya bagi calon pendidik.
Buku Pengantar Pendidikan yang disusun oleh tim
Pembina Mata Kuilah Umum Universitas Negeri Padang ini adalah salah satu buku
wajib yang harus dimiliki oleh mahasiswa Universitas Negeri Padang Prodi
Kependidikan yang mengambil mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu pendidikan. Buku ini
menjadi pegangan bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu
Pendidikan dalam perkuliahan. Karena di dalamnya memuat pengetahuan dasar
mengenai hakekat pendidikan dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan dunia
pendidikan yang sangat berguna bagi mahasiswa nantinya dalam mengajar dan
mendidik. Dengan menbaca buku ini akan semakin menambah wawasan kita tentang
hakekat pendidikan dan tujuan pendidikan serta peranannya di sekolah.
Secara umum buku ini juga membahas pemikiran ilmiah
tentang pendidikan secara teoretis. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya
pandangan-pandangan para ahli mengenai pendidikan yang akan memperkaya
pengetauan kita mengenai pendidikan. Dengan membaca serta memahami buku ini
pembaca akan memiliki perspektif yang lebih luas tentang fundasi-fundasi
kependidikan, sehingga akan membuat pembaca mempunyai wawasan tentang hakekat
dan tujuan pendidikan serta peranannya di sekolah.
Buku Pengantar Pendidikan ini juga membahas tentang
defenisi pendidikan dari para ahli sehingga akan menembah pengetahuan pembaca
atau calon pendidik tentang hakekat pendidikan untuk bias diterapkan dalam
kegiatan pendidikan. Buku ini juga memberikan pemahaman tentang pendidikan
sebagai sistem dan unsur-unsur yang harus menjadi perhatian bagi pendidik dalam
melaksanakn pendidikan tersebut. Unsur-unsur yang dimaksud adalah peserta
didik, pendidik, isi dan materi pendidikan.
Di dalam ini juga membahas tentang
aliran-aliran pendidikan serta implikasinya terhadap dunia pendidikan. Di
dalamnya diuraikan tentang beberapa pandangan tentang faktor yang paling
menentukan arah perkembangan manusia yang terdiri dari aliran empirisme,
nativisme, konvergensi dan naturalisme. Dalam aliran-aliran pendidikan juga
dibicarakan tentang cara pelaksanaan pendidikan sebagai beberapa aliran baru
pendidikan seperti konsep pengajaran alam sekitar, pengajar pusat perhatian,
sekolah kerja dan pengajaran proyek.
Dalam buku ini juga membahas tentang
permasalahan pokok yang dihadapi oleh
dunia pendidikan seperti pemerataan, kualitas, efektifitas, efisiensi dan
masalah relevansi.
2. Latar
Belakang
Buku ini bertujuan memerikan pengetahuan kepada
pembaca atau kepada calon pendidik tentang hal-hal pokok pendidikan yang
nantinya diharakan akan mendorong mahasiswa atau calon pendidik membentuk
keyakinan dan sikap dasar bahwa tindakan pendidikan harus dilakukan dengan
penuh kesadaran, berencana, teratur sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara
rasional, moral, dan legal.
3. Tujuan
Penulisan
Buku
ajar ini nantinya diharapkan akan member dasar, arah dan titik tolak kegiatan
perkuliahan bagi mahasiswa dan dosen agar perkuliahan lebih terprogram.
4. Gaya
Penulisan
Gaya penulisan dalam buku ini mudah
dimengeri dan mudah untuk dipahami.
C. Penutup
1. Kelebihan
dan Kelemahan
Kelebihan buku ini adalah cara penyampaiannya yang
sangat jelas dan diperkuat dengan pendapat-pendapat serta pandangan dari para
ahli.
Kekurangan buku ini adalah terdapat beberapa istilah
yang kurang penjelasannya yang pada akhirnya sulit untuk dimengerti.
2. Kesimpulan
Pada hakekatnya pendidikan adalah upaya untuk
memanusiakan manusia agar menjadi sosok yang bermartabat dan memiliki nilai
sebagai manusia yang santun, berkepribadian baik, dan berkarakter.
3. Manfaat
Buku pengantar Pengantar ilmu pendidkan ini sangat
berguna bagi calon pendidik yang akan terjun ke dunia pendidikan. Karena
seorang pendidik haruslah memiliki bekal, pengetahuan dan wawasa tentang
bagaimana menjadi seorang pendidik yan baik. Seorang pendidik juga harus mampu
untuk memahami peserta didik yang akan dididiknya. Oleh karena itu agar menjadi
sosok pendidik yang professional, maka buku ini sangat tepat untuk dijadikan
pedoman dasar sebelum mendidik nantinya.
0 komentar:
Posting Komentar