Rabu, 23 September 2015

Resensi Buku Mata Kuliah Pengantar Pendidikan

RESENSI BUKU PENGANTAR PENDIDIKAN
DISUSUN OLEH
TIM PEMBINA MATA KULIAH UMUM PENGANTAR PENDIDIKAN


A.   Pendahuluan      

Judul Buku      : Pengantar Pendidikan
Penerbit           : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang
Tahun Terbit    : 2011
Tebal Buku      : 191


Membangun Bangsa yang Berkarakter Melalui Pendidikan
Oleh
Rahmad Satriawan
1100845

B.   Isi

1.      Ikhtisar
Buku pengantar pendidikan ini adalah buku dasar atau pedoman paling utama bagi seorang calon pendidik dalam mengembangkan keterampilannya dalam mendidik nantinya di sokolah. Buku ini memberikan pengetahuan bagi calon pendidik tentang apa yang dimaksud dengan pendidikan dan bagaiman pengaplikasiannya dalam kegiatan pendidikan. Buku ini berisi gabungan pemahaman tentang hakekat manusia, hakekat pendidikan, lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan serta aplikasinya terhadap dunia pendidikan, permasalahan pendidikan, upaya pembaharuan pendidikan nasional, sistem pendidikan, landasan dan asas-asas pendidikan serta penerapannya, pendidikan dan pembangunan nasional, dan masyarakat masa depan. Dengan membaca buku ini pembaca atau calon pendidik akan memiliki pengetahuan serta landasan dalam mendidik nantinya, bukan hanya di sekolah bahkan di tengah-tengah masyarakat pun nantinya akan lebih mudah dalam menerapkannya. Dengan membaca buku ini kita akan tahu apa cita-cita nasional dalam pendidikan serta akan menjadi visi kita dalam mendidik dan mengajar nantinya bagi calon pendidik.
Buku Pengantar Pendidikan yang disusun oleh tim Pembina Mata Kuilah Umum Universitas Negeri Padang ini adalah salah satu buku wajib yang harus dimiliki oleh mahasiswa Universitas Negeri Padang Prodi Kependidikan yang mengambil mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu pendidikan. Buku ini menjadi pegangan bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan dalam perkuliahan. Karena di dalamnya memuat pengetahuan dasar mengenai hakekat pendidikan dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan dunia pendidikan yang sangat berguna bagi mahasiswa nantinya dalam mengajar dan mendidik. Dengan menbaca buku ini akan semakin menambah wawasan kita tentang hakekat pendidikan dan tujuan pendidikan serta peranannya di sekolah.
Secara umum buku ini juga membahas pemikiran ilmiah tentang pendidikan secara teoretis. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pandangan-pandangan para ahli mengenai pendidikan yang akan memperkaya pengetauan kita mengenai pendidikan. Dengan membaca serta memahami buku ini pembaca akan memiliki perspektif yang lebih luas tentang fundasi-fundasi kependidikan, sehingga akan membuat pembaca mempunyai wawasan tentang hakekat dan tujuan pendidikan serta peranannya di sekolah.
Buku Pengantar Pendidikan ini juga membahas tentang defenisi pendidikan dari para ahli sehingga akan menembah pengetahuan pembaca atau calon pendidik tentang hakekat pendidikan untuk bias diterapkan dalam kegiatan pendidikan. Buku ini juga memberikan pemahaman tentang pendidikan sebagai sistem dan unsur-unsur yang harus menjadi perhatian bagi pendidik dalam melaksanakn pendidikan tersebut. Unsur-unsur yang dimaksud adalah peserta didik, pendidik, isi dan materi pendidikan.
            Di dalam ini juga membahas tentang aliran-aliran pendidikan serta implikasinya terhadap dunia pendidikan. Di dalamnya diuraikan tentang beberapa pandangan tentang faktor yang paling menentukan arah perkembangan manusia yang terdiri dari aliran empirisme, nativisme, konvergensi dan naturalisme. Dalam aliran-aliran pendidikan juga dibicarakan tentang cara pelaksanaan pendidikan sebagai beberapa aliran baru pendidikan seperti konsep pengajaran alam sekitar, pengajar pusat perhatian, sekolah kerja dan pengajaran proyek.
            Dalam buku ini juga membahas tentang permasalahan  pokok yang dihadapi oleh dunia pendidikan seperti pemerataan, kualitas, efektifitas, efisiensi dan masalah relevansi.

2.      Latar Belakang
Buku ini bertujuan memerikan pengetahuan kepada pembaca atau kepada calon pendidik tentang hal-hal pokok pendidikan yang nantinya diharakan akan mendorong mahasiswa atau calon pendidik membentuk keyakinan dan sikap dasar bahwa tindakan pendidikan harus dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara rasional, moral, dan legal.

3.      Tujuan Penulisan
Buku ajar ini nantinya diharapkan akan member dasar, arah dan titik tolak kegiatan perkuliahan bagi mahasiswa dan dosen agar perkuliahan lebih terprogram.

4.      Gaya Penulisan
Gaya penulisan dalam buku ini mudah dimengeri dan mudah untuk dipahami.

C.    Penutup
1.      Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan buku ini adalah cara penyampaiannya yang sangat jelas dan diperkuat dengan pendapat-pendapat serta pandangan dari para ahli.
Kekurangan buku ini adalah terdapat beberapa istilah yang kurang penjelasannya yang pada akhirnya sulit untuk dimengerti.

2.      Kesimpulan
Pada hakekatnya pendidikan adalah upaya untuk memanusiakan manusia agar menjadi sosok yang bermartabat dan memiliki nilai sebagai manusia yang santun, berkepribadian baik, dan berkarakter.



3.      Manfaat

Buku pengantar Pengantar ilmu pendidkan ini sangat berguna bagi calon pendidik yang akan terjun ke dunia pendidikan. Karena seorang pendidik haruslah memiliki bekal, pengetahuan dan wawasa tentang bagaimana menjadi seorang pendidik yan baik. Seorang pendidik juga harus mampu untuk memahami peserta didik yang akan dididiknya. Oleh karena itu agar menjadi sosok pendidik yang professional, maka buku ini sangat tepat untuk dijadikan pedoman dasar sebelum mendidik nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 diaro | Distributed By Blogger Template | Designed By Blogger Templates
Scroll To Top