Rabu, 30 September 2015

Si Berut

Suatu hari di tepi sungai, seperti biasanya Berut memancing ikan dengan kail pusaka titipan almarhum ayahnya. Berut meyakini kail itu adalah kail sakti mandraguna yang tiada duanya di bumi ini. Sewaktu ayahnya masih hidup kail itu merupakan alat utama menghidupi keluarganya. Semenjak ayahnya meninggal maka Berutlah yang melanjutkan perjuangan ayahnya menghidupi keluargnya, yaitu ibu dan adik perempuannya. Oleh karena itu Berut yakin, dengan kail peninggalan ayahnya ia mampu menafkahi keluarganya. 

Selang beberapa waktu semenjak umpan dilemparkn ke sungai, Berut merasa kailnya telah disambar oleh seekor ikan, dan ia yakin ikan ini sangat besar. Karena begitu keras dan kuat tarikan kailnya. Tanpa berpikir lama lagi segera Berut menarik kailnya kepermukaan untuk melihat hasil tangkapan kail sakti mandragun tersebut. Dan benar saja, seekor ikan mas berukuran besar telah melekat dikail Berut. Begitu bangganya berut hari itu.  Sambil tersenyum, dalam hati ia berkata, "memang kail ini sakti mandaraguna".

Setelah berhasil melepaskan mulut ikan dari mata kailnya segera Berut memasukkan ikan itu kedalam kampia yaitu sejenis tas yang dianyam dari daun pandan. Dalam hati ia bergumam.
"Satu ikan besar ini sepertinya cukup untuk makan dua hari ke depan. Sebaiknya aku pulang saja".
Akhirnya Berut pun pulang dengan membawa hasil tangkapannya berupa seekor ikan mas besar. Ia yakin pastilah ibu dan adiknya sangat senang dengan hasil tangkapannya hari ini. Dalam perjalanan menuju rumah tiba-tiba berut dikagetkan oleh suara orang yang memanggil-manggil. Suara itu semakin jelas terdengar dan semakin keras. Tiba-tiba ikan yang ada dalam tasnya itu menggelepar dan keluar dari tasnya. Ikan itu terus menggelepar hingga ke tanah.

Setelah diamatinya secara cermat ternyata suara yang tadi ia dengar adalah suara ikan hasil tangkapannya itu. Tentu saja hal itu membuat Berut ketakutan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 diaro | Distributed By Blogger Template | Designed By Blogger Templates
Scroll To Top